Cara membuat wifi hotspot sendiri

posted on 14 Apr 2015 18:38 by smartphonex in Info
Cara membuat wifi hotspot sendiri - Mulai dari yg simple, mulai dari yang kita lakukan, mulai sekarang jg hehe. Kali ini gw ingin membagi apa yg saya kerjakan di rumah beberapa waktu lalu, yaitu memasang hotspot di hunian utk keluarga.

Cara Mengetahui Password Wifi Orang Lain, Paling gak ada yang bisa kami hemat ketika menggunakan Wi-Fi dirumah, yaitu beli pulsa data internet jadi berkurang karna semua device menggunakan satu koneksi internet yang sama. Terutama bagi istri yang di rumah & device kami sendiri ketika bekerja di rumah, juga anak-anak jika telah bisa main internet. Jika sebelumnya setiap device kami mesti membeli pulsa data internet, sekarang cukup satu saja yaitu di modem yg terpasang di Wi-Fi router.

Wi-Fi Router TP-Link TL-MR3020Saya menggunakan Wi-Fi router merk TP-Link TL-MR3020 .. karena, ya tentu saja lantaran murah. Ngga hingga 190 ribu rupiah abdi keluarkan utk membelinya dengan spesifikasi yg lebih dari cukup untuk rumahan. Lw dapat membelinya di toko-toko online seperti Bhineka, Lazada dll. Selain harga murah bentuknya yg mungil membuat ane terpikat, tanpa antena yang menonjol, simple, minimalis. Artinya saat berpergian ke kampung, gw bisa membuka kios Wi-Fi gratis buat saudara-saudara tanpa ribet, cukup colok power, colok modem, langsung browsing.
 
 
Cara memasang Wi-Fi router TP-Link TL-MR3020

    Siapkan Wi-Fi router serta kabel powernya.
    Siapkan modem dengan sim card data internet terpasang (asumsi telah punya)
    Colokkan kabel power USB ke Wi-Fi router, masukkan kabel power ke stop-kontak
    Pasang USB modem ke Wi-Fi router
    Pada bagian Wi-Fi router ada label KEY, catat nomor KEY tersebut. Pada device yang kepingin terkoneksi, nyalakan Wi-Fi, pilih & masukkan nomor KEY (ini cuma dilakukan sekali saja, selanjutkan akan otomatis).
    Test browsing misal ke http://rumorkamera.com
    Utk setting gunakan browser, buka alamat IP default yang tertera pada Wi-Fi router (192.168.0.254). Masukkan default user serta password yang jg tertera pada Wi-Fi router (admin/admin). Pada bagian ini nte dpt melakukan banyak setting misal mengubah IP, mengubah KEY, restart dll.

 
Review TP-Link TL-MR3020

Saya telah menggunakan beberapa minggu ini. Cukup puas dengan beberapa catatan. Menggunakan modem yg lama (Huwawei E220), sering putus (unplugged) setiap beberapa jam. Untuk penggunaan internet heavy-duty tentu ini sangat mengganggu. Tapi untuk browsing-browsing saja sebenarnya ngga begitu berpengaruh.

Jika modem telah unplugged serta tidak dpt up lagi, maka mesti restart Wi-Fi Router, dpt dilakukan melalui setting di browser (langkah 7). Proses restart berlangsung sekitar 3-5 menit, setelah itu baik sinyal Wi-Fi maupun koneksi internet bisa secepatnya langsung digunakan. Kecepatan jaringan tak ada keluhan karena 150Mbps terasa seperti seperti melewati jalan tol menggunakan becak (hehe). Jangkauan cukup luas serta sinyal kuat, tdk begitu terpengaruh oleh tembok-tembok kamar, sebaiknya posisikan dibagian tengah hunian serta agak tinggi.

Semoga berguna review serta tutorial singkat memasang hotspot di hunian ini

edit @ 25 Jun 2015 22:53:32 by Admin